2009/04/05

Pindahan........


Apartment lama tampak dari samping/depan.

Akhirnya setelah masuk daftar tunggu setahun, dapat juga jatah tinggal di Kokusai Kouryuu Kaikan (disingkat kaikan saja supaya gampang) milik universitas yang biaya sewa kamarnya super murah. Cuma 6 ribu yen/bulan! Bandingkan dengan sewa apartement lama ku yang termasuk "murah" seharga 23 ribu yen/bulan. Tentu biaya tempat tinggal ini sangat membantu diriku yang termasuk mahasiswa biaya sendiri, maklumlah otakku jauh dari encer untuk mendapatkan beasiswa. Memang sih ukuran kamarnya 2x4, lebih sempit dibanding apartment lama yang berukuran 3.5x4.5, namun didalam kaikan sudah tersedia ranjang, meja, lemari, kulkas dan juga termasuk pendingin/pemanas ruangan.



Apartemen lama (kiri) tampak dari belakang dan asrama mahasiswa kaikan (kanan) tampak dari depan.

Mungkin yang agak mengganggu adalah untuk mandi dan masak memerlukan biaya tersendiri. Sekali mandi (hanya shower, tanpa ofuro) dikenakan biaya 100 yen/13 menit. Sedangkan untuk biaya sekali masak (pakai gas) dikenakan biaya 10 yen (ukuran pemakaian gasnya kurang kuketahui). Nilai nominalnya mungkin termasuk murah tapi cukup ribet dibuatnya, karena sistem pembayarannya menggunakan koin seperti telpon umum. Masukkan uang logam (100 atau 10 yen) kedalam kotak koin pembayaran lalu anda bisa menggunakan fasilitas mandi dan dapur, sedangkan di apartment lama aku bisa mandi (plus ofuro) dan masak sesuka hati dengan total biaya listrik dan gas sekitar 10 ribu/bulan.

5 komentar:

Oni Suryaman mengatakan...

wah kayak di indonesia an. ke toilet/kamar mandi pake bayar ha..ha..

krismariana widyaningsih mengatakan...

Kalau mandinya kelamaan (lebih dari 13 menit), pintunya kebuka sendiri gak? hihihi. seremmmm...

Anonim mengatakan...

Kok jauh banget bedanya antara harga apartemen kampus dgn di luar, sampai 4 kalinya? Kalo di sini pol cuma 2 kalinya, dan saya beruntung bisa dapet yang < 1.5 kalinya doang. Kecuali kalo tinggal di kondominium sih.

...di luar JPY 23,000???? SGD 342, itu hampir sama dengan harga apartemen kampus saya!! Kok bisa murah Jepang daripada Singapore?? (angry) (angry) :P

BTW beaya sendiri? Bukan dari beasiswa ya?

Putri mengatakan...

Mahal sekali biaya sewanya, ya ?
nyaris 4 kali lipat...ck..ck...

kalo sering ke kamar mandi gimana ceritanya, tuh ?

AndoRyu mengatakan...

@Oni
Kamar mandi bayar, tp toilet(kakus) ada didalam dan gratis.

@kris
Nggak dong. Kalo mandi kelamaan airnya mat sendiri. Kebayangkan kalau lagi shampo tiba2 air mati? Hehehe, mandi jg pake taktik, shampo'an dulu baru sabunan :P

@lambrtz
Itu sih kebijakan kampus, tp biaya hidup dijepang mgkn jauh lbh mahal dibanding singapur.
hehehe... gw nggak pinter kayak situ nih... (shy) (shy) :D

@Putri
Ngapain sering kekamar mandi? Lagian udah ada rencana paket hemat. Numpang mandi di apartemen teman bwahahaha.........