2008/11/01

Akademi Pachinko

Apa? Ada sekolah pachinko di Jepang? Begitulah kira-kira kesan pertama saya pada saat membaca berita di sebuah media cetak di Jepang. Walaupun memang pachinko merupakan sebuah industri raksasa di Jepang yang banyak menghasilkan uang, tetapi untuk urusan sekolah pachinko masih merupakan hal yang baru bagi saya. Mungkin karena saya menganggap pachinko sebagai arena judi yang tidak termasuk kategori untuk dipelajari di sekolah.

Bagi anda yang masih bingung dengan istilah pachinko itu seperti apa, anda bisa mencari infonya di Wikipedia. Singkatnya pachinko adalah sebuah permainan yang menggunakan mesin yang disebut pachinko parlor yang didesain seperti gabungan antara mesin slot dan pinball. Pachinko ini banyak ditemui di Jepang dan Taiwan, tetapi mungkin sulit ditemukan diluar kedua negara tersebut.

Suasana dalam pachinko dengan para pengunjung

Kembali ke masalah akademi pachinko, para murid yang belajar di sekolah ini berkisar antara 19 hingga 25 tahun dengan tidak menutup kemungkinan bagi para pekerja didunia bisnis pachinko yang ingin menambah ilmu untuk ikut belajar. Pelajaran yang diberikan mulai dari sistim dasar kerja mesin pachinko parlor, program animasi permainan, hingga marketing dan manajemen industri pachinko. Malah sekolah ini dilengkapi dengan laboratorium pachinko yang didesain mirip dengan suasana pachinko lengkap dengan mesin pachinko yang diatur berderet. Menurut kepala sekolah G&E Bussines School, sebuah akademi pachinko yang berdiri sejak 2006, kebanyakan lulusan sekolah mereka bekerja di pabrik pembuat mesin pachinko besar seperti Sankyo, Maruhan dan Sammy juga sebagai staff pengiklanan dan marketing di perusahaan pachinko.


Para siswa di laboratorium pelatihan akademi pachinko

Bisnis pachinko memang menggiurkan bagi para pengusaha di Jepang, mengingat jumlah para pengunjung yang menghabiskan uangnya di pachinko relatif besar. Apalagi jika melihat prosedur pendirian pachinko yang tidak terlalu rumit, asalkan sudah berjarak lebih dari 50 meter dari sekolah dan rumah sakit sebuah pachinko dapat didirikan. Untuk membayangkan betapa berlimpahnya uang bisnis pachinko, presiden direktur Sankyo dan Maruhan masing-masing masuk sebagai 40 besar daftar orang terkaya di Jepang oleh majalah Forbes.

Hanya saja perlu diingat, bisnis pachinko sulit sekali untuk bisa dilepaskan dari aktifitas Yakuza, gangster Jepang. Asal tahu saja, Yakuza berusaha untuk meninggalkan bisnis illegal dan memasuki berbagai area bisnis yang ditetapkan legal oleh pemerintah Jepang termasuk bisnis pachinko dan bisnis pertanahan. Memang pachinko merupakan bisnis yang sah, tapi bersaing dengan Yakuza juga merupakan suatu bisnis yang cukup menakutkan bagi para pengusaha.

Melihat betapa banyak limpahan Yen (uang Jepang) dan ikut campurnya gangster dalam bisnis pachinko, entah sampai kapan akademi pachinko ini bisa bertahan. Mungkin cuma fenomena sementara atau malah menjadi bisnis pelatihan baru? Paling tidak ada sebuah sekolah pelatihan dengan genre yang berbeda dengan akademi biasa.

Tidak ada komentar: